Tips Hemat Belanja Bulanan

Tips Hemat Belanja Bulanan-Istri bijak pandai  menghemat pengeluaran bulanan. Saat trima uang gajian pastinya seribu macam rencana belanja telah tersusun di benak. Agar tidak boros saat belanja bulanan,ikuti beberapa tips berikut ini:

1. Buat daftar menu makanan mingguan,agar kita tidak membeli bahan makanan yang akhirnya mubazir.

2. Jangan pergi berbelanja ketika lapar. Kita akan tergoda membeli, karena semua makanan yang anda lihat terasa mengiurkan.

3. Tempel catatan dikulkas, barang apa yang sudah habis,supaya saat belanja kita tidak melihat-lihat barang lain.

4. Beli produk promosi (nurun harga atau buy 1 get 2), supaya bulan depan tidak perlu membeli produk itu lagi.

5. Simpan bon belanja,agar kita bisa membandingkan harga bulan ini dan bulan lalu, dan tahu saat harga sedang murah.

6. Catat belanjaan anda sebulan, supaya kita tahu barang apa yang bikin dompet kita "meledak".

7. Ganti daging dengan produk makanan berprotein, seperti telur atau tahu - tempe. Harga nya lebih bersahabat.

8. Cari produk 'istimewa' dari masing-masing supermarket. Misalnya, supermarket A harga ikannya lebih murah di banding supermarket B.

9. Beli barang produksi super-market itu. Tisu, pembersih lantai, gula,pasir,terkadang juga di produksi supermaket. Kualitasnya cukup baik dan jelas lebih murah.

10. Jangan berbelanja hanya satu barang di satu supermaket. Biaya bensin dan parkir tidak sepadan dengan harga barang yang kita beli.

11. Perhatikan harga barang di mesin register. Katanya, harga di diskon, ternyata tidak. Atau, kasir tanpa sengaja memasukan harga diskon 2 kali.

12. Bandingkan harga dengan tempat lain. agar kita bisa mendapatkan harga terendah.

13. Berbelanja bukan di waktu favorit. Tanggal muda, misalnya, kita merasa punya uang,lalu memborong semua barang. Atau saat weekend kita jadi tidak fokus karena supermarket penuh. Waktu berbelanja terbaik adalah malam hari atau jam makan siang. pada jam itu biasanya supermarket sepi.

14. Belanja ketika anak di sekolah mengurangi. kemungkinan membeli segala macam kehidupan yang mereka inginkan.

15. Paket kartu belanja super-market tersebut. Biasanya ada promosi bagi pemegang kartu, baik berupa barang maupun diskon  belanja.

16. Jika merasa lapar setelah belanja, makalah di food court. Lebih murah ketimbang restoran.

17. Buat sendiri bekal sehat untuk anak. Daripada membeli nugget atau chiken wing yang mahal, buat sendiri sandwich isi telur dan sayur.

18. Beli satu paket lebih murah. beli satu ekor daging ayam misalnya lebih murah di banding beli satu paket dada atau sayap ayam saja.

19. Budgeting. Bahwa uang secukup nya, sesuai bujet belanja rutin kita.

20. Belanjadi pasar tradisional. butuh bayam satu ikat? Beli saja di pasar atau tukang sayur. Super market biasanya menyedihkan ikatan besar.

Yach..... itulah Tips Hemat Belanja Bulanan, semoga  anda istri yang bisa mengatur uang bulanan dengan baik. Semoga bermanfaat bagi istri yang ingin belajar berhemat.

11 comments:

sealkazzsoftware.blogspot.com resepkuekeringku.com